Memilih Tanaman Hias Indoor yang Tepat, Pilihlah yang Mudah Dirawat

Previous
Next

Tanaman yang memiliki nilai estetikanya sendiri, disebut dengan tanaman hias. Biasanya tanaman hias ini disimpan di dalam ruangan. Bagi Anda yang senang dengan tanaman hias, tentu harus tahu bagaimana cara memilih tanaman hias indoor yang tepat untuk taman.

Cari Jasa Taman di Medan?

Tanaman hias indoor tersebut juga bisa diletakkan di taman rumah Anda, supaya tampilan taman menjadi lebih cantik dan asri. Tanaman hias indoor ini bisa memberikan kesegaran di dalam ruangan. Kualitas udara di dalam ruangan tersebut juga menjadi lebih terjaga.

Tanaman hias indoor ini juga semakin banyak disukai banyak orang, karena cara perawatannya juga cukup mudah. Selain itu, tanaman hias tersebut bisa membuat suatu ruangan terasa lebih hidup.

Baca juga Macam-Macam Tanaman Hias

Cara Memilih Tanaman Hias Indoor yang Tepat

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih tanaman hias indoor yang tepat untuk taman, sehingga nantinya akan menghasilkan taman yang cantik dan segar. Tidak hanya cantik, perbaiki tujuan kamu mengapa meletakkan tanaman hias di dalam ruangan selain untuk memanjakan mata. Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih tanaman hias indoor :

cara membuat taman kecil di depan rumah

Jenis Tanaman yang Tepat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah pilih jenis tanaman hias yang tepat. Ketahui lebih dulu bagaimana ukuran tanaman dan jenis tanamannya. Tanaman hias ini terdiri dari tanaman hias berbunga dan tidak berbunga.
Anda bisa menyesuaikan kembali jenis tanamannya dengan suasana atau situasi di taman rumah Anda. Jika Anda memilih tanaman hias yang berbunga, maka pilih tanaman dengan aroma yang wangi dan rupa bunga yang cantik.
Misalnya pilih tanaman Anthurium bunga dan tanaman bunga Lily sebagai tanaman hias indoor berbunga. Jika Anda memilih jenis tanaman yang tidak berbunga, maka pilihlah jenis daun yang unik seperti Aglonema, Apider Plant, Lidah Mertua dan sebagainya.

Sesuaikan dengan Fungsi Tanaman Tersebut

Tanaman hias selalu dijadikan hiasan, apalagi jika tanaman ini diletakkan di dalam ruangan. Fungsinya juga bisa menjadi pembersih udara, dan bukan hanya agar ruangan terlihat lebih cantik. Maka pilihlah tanaman dengan corak serta warna yang indah dan menarik.

Sesuaikan dengan Daya Tahan Tanamannya

Pilih juga jenis tanaman hias yang tahan dengan temperatur udara di dalam ruangan atau taman. Anda juga bisa memilih jenis tanaman hias dengan cara perawatan yang mudah, tapi juga tidak mudah mati.
Sebenarnya, hampir semua jenis tanaman hias indoor memiliki cara perawatan yang mudah. Namun, Anda harus tetap memilih sesuai dengan daya tahan tanamannya.

Perhatikan Pencahayaannya

Jika Anda menaruh tanaman hias indoor di taman dengan atap yang tertutup, maka usahakan untuk mengarahkan tanaman ke arah sinar matahari. Anda bisa menaruh tanaman-tanaman itu secara bergantian, yang penting setiap bagiannya tetap terkena sinar matahari.

Perhatikan Cara Menyiramnya

Pastikan Anda sudah memilih pot yang memiliki beberapa lubang kecil di bagian bawahnya. Hal itu dilakukan supaya penyiraman tanaman bisa dilakukan dengan mudah, karena air tidak akan tergenang begitu saja di dalam media tanam.

Perhatikan Bagaimana Hama Tanamannya

Walaupun disimpan di dalam ruangan, tanaman hias juga bisa terkena hama tanaman. Misalnya seperti serangga, ulat, jamur atau virus yang membuat tanaman cepat rusak bahkan mati. Maka, bersihkan segala debu yang menempel pada tanaman kemudian lap dengan lap kering.

Setelah melihat cara memilih tanaman hias indoor yang tepat untuk taman di atas, maka Anda bisa segera mempraktikkannya di rumah agar taman di rumah Anda menjadi semakin cantik. Perhatikan baik baik elemen untuk merawat tanaman hias. Karena itu perlu ketelatenan saja untuk merawat tanaman indoor tersebut menjadi lebih sehat dan indah.

jenis tanaman hias rumahan

Pertimbangkan Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat dan Tanaman Hias Indoor Penyerap Polutan

Tentu ketika memilih tanaman hias untuk indoor di dalam ruangan seperti tanaman hias untuk rumah atau tanaman hias untuk kantor, haruslah cermat. Sangat disarankan untuk memilih tanaman hias yang mudah dirawat dan juga tanaman hias yang mampu membersihkan udara ruangan.

Banyak tentunya jenis tanaman hias yang demikian, namun ada sebuah penelitian yang meneliti tanaman tertentu. Menjelaskan bahwa tanaman tersebut sangat bagus menyerap udara dan malahan sedikit mengeluarkan karbon diosida. Sebut saja tanaman lidah buaya, ternyata tanaman lidah buaya yang sering diletak di luar ruangan bagus sebagai tanaman indoor.

Sudah kepikiran mau letak di mana tanaman lidah buaya sebagai penyerap udara polutan dan sekaligus tergolong tanaman yang mudah untuk dirawat.

Sumber artikel diadaptasi dari pengaruh tanaman pada lingkungan dengan konsentrasi karbon dioksida yang tinggi.