Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Previous
Next

Kami yakin, kamu ingin mencari referensi taman depan rumah minimalis lahan sempit bagaimana menata taman depan rumah sederhana. Terbatasnya lahan taman di rumah bukan berarti menjadi hambatan untuk memiliki taman idaman sendiri. Seluas apa pun lahan taman atau bahkan hanya memiliki lahan sempit, tidak menjadi alasan tidak bisa untuk memiliki taman di rumah. Bahkan tanpa adanya lahan depan rumah, kamu pun masih bisa memiliki taman dengan tanaman yang indah.

Cari Jasa Taman di Medan?

Untuk kamu yang bahkan tidak memiliki lahan taman, kami menyarankan untuk mulai merencanakan taman vertikal yang bisa mengubah dinding polos menjadi taman sedap di pandang. Tentunya, taman hijau di rumah menjadi salah satu bentuk mendamaikan pandang, bisa melepaskan stres dan banyak lagi fungsi taman di rumah. Ingin merencanakan taman di rumah mulailah dengan memahami taman seperti apa yang akan kamu buat.

Sebelum kami mengulas tips menata taman depan rumah sederhana, simak seperti apa manfaat taman untuk hunian kamu. Tentu kami sangat yakin, kamu sudah pasti mengetahui bahwa tanaman menghadirkan efek sejuk, sehingga salah satu manfaatnya taman hadirkan kesejukan untuk rumah kamu. Tanaman juga berkontribusi menyaring udara kotor, tidak hanya menjadi sumber oksigen tanaman rumah kamu akan membebaskan polusi udara sekitar rumah.

Bukan rahasia lagi bahwa taman bisa berfungsi sebagai area resapan air, musim panas ciptakan kesejukan dan musim hujan menjadi area resapan. Bahkan dengan komposisi yang seimbang, taman menciptakan keindahan penuh estetis bagi yang memandangnya, menambah aura keindahan untuk rumah kamu. Apakah kamu sudah termotivasi untuk membuat taman di rumah, masih bingung jangan berhenti membacanya sampai di sini.

Tanaman tertentu yang ditata khusus, bisa meredam suara bising dari luar rumah, suara bising nantinya dipantulkan oleh tanaman di taman rumah kamu. Taman depan rumah minimalis lahan sempit, jangan lupa untuk mengosongkan area tertentu untuk hasrat bercocok tanam sendiri. Area sejuk dari taman dan suasana menyenangkan bisa membangkitkan suasana hati untuk aktivitas apa pun.

Tidak berhenti sampai di situ, area taman terbuka menjadi rekomendasi aktifitas olahraga, karena cahana matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Udara segar dari tanaman dan vitamin D saat berjemur, sungguh sangat membantu aktivitas kebugaran tubuh kamu. Sudah siap merencanakan taman depan rumah sesuai luas lahannya?

menata taman depan rumah sederhana

Perlu diingat, merencanakan dan menata taman depan rumah sederhana tidak hanya sesuai apa yang kamu inginkan, melainkan harus mempertimbangkan luas lahan taman depan rumah kamu. Beberapa luas lahan taman sangat mendukung untuk ditanam pohon hias, tapi lahan taman yang sempit sangat tidak direkomendasi untuk ditanam pohon.

Taman depan rumah sebenarnya berfungsi untuk memberikan sentuhan keindahan pada rumah kamu, berbeda dengan taman belakang rumah atau taman di sebelah rumah yang lebih privasi. Taman depan rumah ditata seimbang agar mereka yang melintas di depan rumah juga merasakan kesejukan dari pemandangannya. Pilihlah dengan baik dan bijak tanaman seperti apa yang sesuai untuk di tanam di depan rumah kamu.

Cara menata taman depan rumah sederhana harus disesuaikan dengan luas lahan taman, namun sebelum merencanakan bentuk taman untuk depan rumah, kamu perlu mengisi wawasan agar memahami taman seperti apa yang sebenarnya kamu inginkan. Berikut kami uraikan ulasan agar kamu bisa improvisasi ketika menata taman untuk rumah kamu sendiri, jika menyewa jasa taman kamu pun sudah bisa mengarahkan taman seperti apa yang kamu inginkan.

Selengkapnya tentang referensi taman
Cari tau tanaman bunga lagi viral

Desain Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Sebelum memilih tanaman atau pohon untuk menata taman depan rumah sederhana, harus mempertimbangkan luas lahan, apakah luas lahan taman sempit atau luas lahan taman bisa untuk menanam banyak tanaman. Tidak akan mungkin lahan yang kecil menanam tanaman yang banyak, apalagi menggunakan banyak pot akan terlihat sempit. Setelah menganalisa seberapa luas lahan taman halaman rumah, dan membayangkan kemungkinan-kemungkinan tanaman apa saja.

Selanjutnya kamu sudah bisa menyesuaikan tampilan depan rumah sehingga bisa disesuaikan antara desain taman dan interior bagian depan rumah. Taman rumah sederhana yang cantik akan terlihat sangat sesuai ketika mempertimbangkan lahan taman dan tampilan depan rumah. Jangan khawatir jika memiliki halaman rumah sederhana, tentu sangat bisa memiliki dekorasi taman yang sesuai dengan harapan kamu.

menata taman depan rumah sederhana halaman

Menata taman depan rumah sederhana identik dengan konsep menyambut tamu, mengkombinasikan tanaman agar terlihat ramah untuk dikunjungi. Setelah menganalisa luas lahan taman depan rumah, kamu harus melihat tiap sudut depan rumah kamu. Sehingga kamu bisa membayangkan bagian-bagian yang harus ditanam tanaman indah, bagian di bawah jendela juga sesuai untuk ditanam bunga, bahkan sudut pun juga indah dikombinasikan dengan kolam air sederhana.

Depan rumah dengan konsep beranda pasti berbeda merencanakan letak tanaman hiasnya dengan konsep rumah beranda hanya disebelah kiri saja atau kanan saja. Untuk lebih jelasnya, yang perlu dipertimbangkan setelah menganalisa luas taman, lihat posisi jendela, posisi pintu dan apa mungkin dipasang batu setapak jalan.

Desain halaman rumah minimalis mungkin hampir mirip dengan halaman depan rumah sederhana. Paling penting perlu diingat ketika mengevaluasi potensi lahan taman depan rumah kamu. Seberapa luas lahan taman, berapa banyak tanaman ukuran sedang yang bisa ditanam, berapa banyak pohon kecil yang bisa ditanam, apakah mungkin menggunakan tapak jalan mengarah ke pintu.

Potensi berapa banyak tanaman disesuaikan dengan posisi jendela, posisi pintu, atau bahkan bentuk teras depan rumah. Paling umum taman akan disusun sesuai posisi jendela rumah, tinggi tanaman pun ada yang sejajar dengan bagian bawah jendela. Bahkan beberapa tanaman disusun rapi seperti pembatas teras depan rumah. Apakah kamu sudah bisa membayangkan desain halaman rumah minimalis dan sudah punya gambaran halaman depan rumah sederhana?

Tentukan Fokus Taman Sesuaikan Halaman Depan Rumah

Ketika menata taman depan rumah sederhana, hindari menanam tanaman sembarang posisi, posisi yang tidak sesuai dengan konsep akan terlihat berantakan. Fokuslah pada salah satu aspek eksterior depan rumah, semisal jendela, teras, beranda, ataupun halaman itu sendiri. Memilih fokus taman yang berpusat pada jendela, maka tanaman akan ditata dekat dengan jendela dan selebihnya menjadi lahan rumput ataupun bebatuan penutup tanah. Beberapa manfaat taman dekat jendela antara lain memperindah tampilan jendela, bahkan akan menyejukkan pemandangan dari dalam ruang.

Menanam tanaman tertentu yang memiliki wangi khas atau wangi pelepas stres, akan memberikan kesan wangi yang nyaman ke dalam ruangan. Tentukan fokus taman depan rumah yang menurut kamu menarik dan ramah ketika di pandang, tentunya sesuaikan dengan lahan taman kamu.

menata taman depan rumah sederhana di jendela

Untuk fokus tanaman pada teras, umumnya menjadikan tanaman sebagai pembatas, tanaman bunga berjenis semak sangat sesuai. Jenis tanaman semak kecil yang sesuai sebagai pagar pun bisa menjadi alternatif. Paling menariknya lagi, jika taman fokus pada teras aktivitas di teras seperti baca buku, duduk santai seruput kopi, akan sangat istimewa memandangi taman.

Jika konsep depan rumah merupakan beranda atau teras dengan pagar, tidak ada salahnya juga membuat tanaman sejajar dengan pagar, atau bisa juga memilih tanaman gantung yang diletakkan disudut tapi tidak mengganggu jarak pandang. Fokus taman pada teras atau beranda akan sangat indah ketika terasnya agak luas, ada tempat duduk dan bisa bersantai. Jika teras seadanya maka cukuplah tanaman semak kecil sebagai pembatas saja.

Sedikit agak luas dan bisa menanam banyak tanaman, maka fokus taman tidak ada salahnya pada halaman depan rumah. Kamu bisa improvisasi menggunakan tapak jalan, atau bahkan menggunakan kolam air, dan lampu taman. Hanya saja ketika halaman terlihat sedikit agak luas, jika tidak terlalu luas namun ingin fokus pada halaman, pilihlah salah satu saja.

Bisa memilih fokus pada tapak jalan, atau tanaman kecil yang disusun rapi pada tengah halaman, atau kolam air dengan ikan kecil dan dikelilingi tanaman kecil lain seperti kaktus. Bagaimana menurutmu, apakah kamu sudah menemukan fokus taman untuk menata taman depan rumah sederhana milikmu, temukan desain halaman rumah minimalis versi kamu.

Fungsi Pohon, Semak, Penutup Tanah, Bunga Untuk Taman

Taman merupakan kesatuan harmoni dari tata ruang dan juga tanaman-tanaman, ketika tertata seimbang akan menghadirkan keindahan yang menyejukkan mata memandang. Semuanya karena memiliki fungsi untuk mendukung taman rumah menjadi sedap dipandang, antara lain pohon, semak, bunga, penutup tanah bahkan tapak jalan. Untuk mengimprovisasi ide taman yang sudah kamu rencanakan, maka ada baiknya mengenal tiap aktor utama dari taman.

Lebih mudahnya tiap ornamen dari taman dibagi dari 3 bagian dari ukurannya, besar, sedang dan kecil. Menanam pohon bukan hanya untuk memberikan kesan indah tapi juga sebagai eksterior, maka perlu mempertimbangkan pohon dengan teliti dari segi ukuran dan juga potensi pohon itu sendiri. Pohon hias akan memiliki nilai seni namun pohon berbuah menjadi nilai tambah tersendiri tapi harus sering dirawat.

menata taman depan rumah

Semak bisa digolongkan sebagai pembatas, apakah membatasi tanaman bunga ataupun membatasi halaman dan jalanan umum. Semak kecil akan sesuai untuk menjadi pembatas tanaman bunga, ataupun diposisikan sepanjang teras sebagai pembatas. Semak besar umumnya digunakan sebagai pagar, memilih tanaman pagar yang sesuai juga akan memberikan kesan yang indah sedap dipandang.

Penutup tanah akan memberikan kesan yang eksklusif dari taman, menambah kesan rapi dan terawat dibandingkan tanpa penutup tanah. Penutup tanah bisa menggunakan rumput, ataupun bebatuan yang tersusun rapi, dan tapan jalan juga tergolong penutup tanah. Umumnya penutup tanah akan ditata sedemikian rupa agar memberikan kesan indah, apakah bergelombang ataupun diagonal.

Bunga menjadi fungsi sebagai tanaman hias, walaupun tanaman hias juga ada yang tergolong tanaman daun. Bunga yang memiliki warna ragam akan menghias seluruh halaman depan rumah. Hanya saja untuk menjadikan bunga sebagai tanaman hias di taman, memerlukan perawatan khusus dari mulai pemupukan hingga mengendalikan hama seperti serangga.

Maka ada baiknya memilih bunga yang tahan dari hama serangga dan bunga yang punya jangka tumbuh cukup lama. Maka jangan heran jika ada yang memilih tanaman daun sebagai tanaman hias mereka, karena tanaman bunga memerlukan ekstra perawatan dibandingkan tanaman daun.

Merencanakan Jalan Setapak Taman Depan Rumah

Menata taman depan rumah sederhana tidak luput dari merencanakan jalan setapak untuk taman depan rumah. Walaupun tergolong bukan tanaman, bebatuan jalan setapak masuk kedalam ekterior taman yang memaksimalkan lagi keindahan dari harmoni taman depan rumah. Masih membingungkan untuk merencanakan jalan setapak pada taman, paling penting adalah mempertimbangkan kesesuaian dengan desain taman rumah dan juga harmoni dari keseluruhan taman.

Sebenarnya dalam merencanakan jalan setapak sangat mudah jika melihat banyak referensi taman yang menggunakan jalan setapak. Perlu diingat jalan setapak taman tidak selalu harus ada bebatuan, bahkan rumput pun bisa menjadi jalan setapak. Berikut ini kami ulas pemahaman dasar tentang merencanakan jalan setapak untuk taman depan rumah kamu.

menata taman depan rumah jalan setapak

Pertama kamu harus mempertimbangkan tekstur yang akan dipilih untuk jalan setapak menata taman depan rumah sederhana. Ragam tekstur akan memberikan kesan berbeda-beda untuk taman depan rumah yang sedang kamu rencanakana. Material yang digunakan seperti apa, bahkan jalan setapak juga bisa dibuat dari potongan pohon yang diletakkan sejajar.

Daripada membuat jalan setapak baru, coba pertimbangkan untuk memposisikan tapak pada akses jalan aslinya. Perhatikan ketahanan pemilihan jalan setapak yang akan kamu gunakan, daerah rumah juga mempengaruhi pemilihan ketahanan tapak jalan. Ada baiknya memilih tapak jalan dengan daya tahan jangka panjang untuk penggunaan dalam waktu yang lama dan tahan terhadap cuaca.

Ternyata sebelum merencanakan tapak jalan, ada yang paling penting dan jangan terlupa. Coba berjalan di alur tapak taman yang direncanakan, jika menurut kamu terlalu sempit atau alur jalan terlalu aneh, kamu bisa mempertimbangkan alur jalan lainnya. Menata taman depan rumah sederhana jangan lupa untuk mencoba berjalan dan pertimbangkan area gang jalan yang sering dilalui, dalam arti alur tapak jalan naturalnya.

Jika jalan menuju pintu rumah hanya lurus, coba pertimbangkan langsung lurus saja, tapi jika ada rencana untuk jalan dari samping berbeda dari biasanya, maka halaman perlu menjadi fokus taman. Bagaimana menurut kamu, sudahkah kepikiran jalan tapak seperti apa yang sesuai untuk halaman taman depan rumah kamu?

Teknis Fondasi Tanam Untuk Halaman Taman

Menerapkan teknis fondasi tanaman pada taman adalah menata tanaman sesuai dengan potensi ketinggian tanaman. Tanaman yang akan ditanam dan memiliki ketinggian lebih tinggi dari tanaman lainnya, maknanya bisa dijadikan tanaman fondasi dan perlu memposisikannya seimbang. Pertimbangkan seberapa tinggi target tanaman yang akan kamu tanam di lahan taman depan rumah.

Jika menanamnya di sudut, maka tanaman fondasi diletakkan di sudut, jika menanamnya dekat dinding maka tanaman fondasi ditanam dekat dinding. Malahan jika memperimbangkan halaman menjadi fokus taman, maka tanaman fondasi diletakkan di tengah dan dikelilingi tanaman hias yang kecil. Setelah mempertimbangkan ketinggian tanaman maka kamu akan dengan mudah menentukan posisi tanaman tinggi sedang sebagai fondasi.

menata taman depan rumah

Kamu merencanakan fokus tanaman pada jendela untuk mendapatkan efek sejuk dari dalam rumah ketika memandangnya, dan tentu mendapatkan keharuman masuk ke dalam rumah ketika menggunakan tanaman hias tertentu. Penting perlu diingat, jangan sampai tanaman fondasi yang tingginya agak panjang menutupi keseluruhan jendela.

Ada baiknya memilih tanaman yang tinggi sedang atau sering merawat tanaman hias, memotongnya ketika sudah meninggi. Tanaman hias yang ditata dekat dengan jendela akan memberikan keindahan dan sejuk ketika dipandang, baik dari dalam ruangan maupun dipandang dari luar. Tanaman yang ada di jendela juga memberikan kesan indah memaksimalkan lagi keindahan jendela.

Ingin menggunakan tanaman hias bunga mengelilingi tanaman fondasi sebagai pusatnya, gunakanlah tanaman hias bunga yang mekar bergantiannya. Maksudnya seperti ini, Bunga pada masa mekar akan sangat indah, namun ketika belum mekar akan terlihat hanya seperti semak. Baiknya memilih kombinasi bunga yang mekar bergantian, agar taman selalu indah penuh warna.

Setelah menanam dan menata taman depan rumah sederhana tidak ada salahnya mengganti posisi tanaman yang sudah kamu tanam. Pindahkan ke dalam polibag untuk tanaman yang sudah tumbuh. Tata ulang tanaman sesuai dengan keinginan kamu dan selanjutnya kamu bisa berimprovisasi pada posisi tanam untuk taman halaman rumah.

Pertimbangkan Arah Cahaya Untuk Taman Yang Rindang

Arah cahaya bisa dimanfaatkan sebagai pendukung taman dan bisa juga sangat mengganggu keindahan taman di jam-jam tertentu. Maksudnya seperti ini, jika tidak mempersiapkan tanaman untuk meneduhkan cahaya siang yang masuk, maka persiapkanlah taman akan begitu panas. Posisi rumah yang menghadap matahari siang akan sangat kesulitan untuk taman depan rumah minimalis lahan sempit yang nyaman di pandang setiap saat.

Paling umum, rumah yang menghadap matahari siang, hanya di jam-jam tertentu saja sedap dipandang karena cahaya tidak berlebihan. Maka untuk posisi rumah seperti itu, perlu memposisikan tanaman khusus yang bisa menjadi teduhan cahaya siang tidak hanya pohon tanaman tinggi sedang pun bisa menjadi teduhan cahaya.

menata taman depan rumah arah cahaya

Jika memungkinkan lahan tanam pun bisa ditanami beberapa tanaman teduhan, bisa saja sekaligus dijadikan sebagai tanaman pondasi merangkap sebagai menghalau cahaya. Sehingga cahaya yang masuk optimal dan teduh untuk tanaman hias lainnya tumbuh, karena beberapa tanaman malahan tidak tumbuh dengan baik jika terkena cahaya matahari langsung.

Berbeda jika memiliki rumah di daerah yang bersuhu dingin walau terkena matahari langsung suasana masih tetap sejuk dan suhu pun masih nyaman untuk tumbuh tanaman hias. Maka jangan heran jika tanaman hias tumbuh cantik di daerah pegunungan, karena memang daerahnya dingin dengan cukup sinar matahari untuk tumbuh tanaman hias dengan baik.

Namun demikian, beberapa pemiliki rumah sudang sangat mengerti ketika memilih untuk membangung rumah sederhana impian mereka. Yang paling dihindari adalah membuat depan rumah menghadap cahaya matahari siang, maka tidak perlu khawatir hampir jarang posisi rumah menghadap matahari langsung.

Jika kebetulan rumah kamu menghadap matahari siang secara langsung, perlu mempertimbangkan untuk menanam tanaman tinggi sebagai teduhan atau tanaman merambat yang bisa dibuat sebagai kanopi. Tanaman seperti markisa sering dibuat sebagai tanaman teduhan selain berfungsi untuk membuat suasana rindang, ketika berbuah kamu bisa memanen buah markisa sangat efisien di lahan rumah yang sempit.

Pohon Dan Penutup Tanah Memaksimalkan Eksterior Taman

Berbeda ketika menanam tanaman hias dan menata taman depan rumah minimalis lahan sempit, jika kamu merasa bosan atau ingin mengganti denga tanaman lainnya maka dengan mudah saja kamu bisa membongkarnya untuk diganti dengan tanaman hias lainnya. Ketika ingin menanam pohon maka pertimbangkan pohon yang sesuai dengan taman yang ingin kamu rencanakan, karena pohon jangka panjang dan akan sulit dibongkar.

Pilihlah bagaimana perawatannya, karena beberapa pohon juga menyumbang daun kering sebagai sampah untuk dibersihkan. Pilihlah pohon hias atau pohon buah atau bahkan jenis pohon lainnya yang bisa melengkapi taman depan rumah kamu. Pohon yang terlalu besar bisa juga ditanam keliling dengan semak yang indah.

menata taman depan rumah minimalis lahan sempit

Penutup tanah bukan hanya berfungsi untuk menutup tanah, tapi bisa juga sebagai desain taman itu sendiri, malahan bisa dijadikan tapak jalan. Jika menggunakan rumput sebagai penutup tanah, beberapa jenis rumput memiliki warna dan tekstur rumput yang nyaman diinjak. Beberapa pemilik taman juga memanfaatkan bentuk menanam rumput dipadukan dengan penutup tanah lainnya seperti bebatuan.

Jangan salah sangka, bebatuan yang disusun rapi juga bisa menciptakan suasana indah dan juga bisa menjadi tapak jalan. Menariknya lagi penutup tanah ini bisa kamu kreasikan dengan tanaman lain ataupun cara menatanya yang indah akan memberikan kesan harmoni dan sedap dipandang.

Selain pohon dan penutup tanah, ada juga lainnya sebagai pendukung eksterior taman seperti lampu taman dan kolam air. Jika memungkinkan dan kamu menginginkan, menambahkan lampu taman ke rencana desain taman depan rumah juga jadi pilihan yang menarik.

Untuk membuat kolam air agar memaksimalkan efek sejuk dari air itu sendiri, perlu mempertimbangkan perawatannya juga. Atau jika memungkinkan desainlah kolam yang bisa merawat airnya sendiri, dalam artian pasangkan penyaring air agar air tetap jernih dan ikan pun di dalamnya tetap sehat. Jika kamu pernah melihat taman dengan eksterior lainnya dan membuatmu terkesan ketika melihatnya, kamu bisa saja menerapkannya pada taman depan rumah.

Perhatikan Komposisi Tanaman, Sederhana Malahan Lebih Indah

Cara menata taman depan rumah sederhana perlu mempertimbangkan komposisi taman yang seimbang, beberapa orang beranggapan bahwa komposisi taman ini tergantung selera, tidak ada ilmu pasti ketika memposisikan tanaman agar sesuai komposisinya. Namun beberapa orang pun juga memiliki sudut pandang yang berbeda, bahwa komposisi menanam tanaman pada taman memiliki pola yang bisa diterapkan.

Tapi yang pasti, komposisi seimbang dengan konsep sederhana malahan berkesan dan jauh lebih indah dibandingkan memposisikan tanaman secara acak dan terlalu banyak. Lihat bagaimana lahan taman dan bayangkan seperti apa komposisi yang sesuai untuk kamu desain menjadi taman idaman yang lama kamu inginkan.

taman depan rumah minimalis lahan sempit

Kapan saat yang tepat menggunakan pot bunga untuk menata taman depan rumah sederhana, kamu punya pertimbangan sendiri akan hal itu. Banyak sekali jenis pot bunga yang bisa kamu terapkan dan kamu tempatkan pada taman. Hanya saja kekurangan menggunakan pot bunga pasti memakan tempat dan perlu mempertimbangkan pemilihan pot bunga yang sesuai dengan satu dan yang lain.

Malahan pot bunga tidak selalu berbentuk bulat, ada juga yang berbentuk memanjang dan hanya tinggi beberapa centimeter saja. Pot bunga yang memanjang dan cenderung pendek biasanya digunakan sebagai pot pembatas, tanaman yang ditanam pun cenderung tanaman hias jenis semak. Seperti bahasan di awal, bahwa tanaman semak bisa menjadi pembatas yang cukup menarik.

Mengulas tentang tanaman pembatas, semak yang ditata rapi sejajar bisa menjadi tanaman pagar yang menarik. Hanya saja untuk memilih tanaman pagar yang fungsinya sebagai pembatas areal rumah dan jalan umum, perlu memilih tanaman pagar yang agak besar ataupun tingginya yang sedang.

Dan tingkat semak yang lebat sangat bagus untuk dijadikan tanaman pembatas. Apakah kamu pernah terpikirkan untuk memilih tanaman semak tertentu untuk dijadikan sebagai tanaman pembatas. Walaupun sekarang ini tanaman pembatas ukuran besar sangat jarang sekali ditemukan, umumnya digunakan sebagai pagar rumah klasik atau rumah dipedesaan. Semuanya sudah digantikan dengan pagar besi ataupun dinding yang dibangun untuk membatasi areal lahan umum.

Nah, semoga ulasan kami tentang tips cara menata taman depan rumah minimalis lahan sempit ini bisa membantu kamu merencanakan cara membuat taman kecil di depan rumah yang bisa menyejukkan areal hunian kamu.