Jenis Bunga Potong Yang Tahan Lama dan Cara Panennya

Previous
Next

Jenis bunga potong yang tahan lama harus diperhatikan cara panennya agar tetap segar. Bunga Potong adalah kuntum bunga atau pun beserta batangnya yang telah dipotong dari tanaman induknya yang tumbuh di tanah, biasanya dimasukkan ke dalam vas berisikan air. Umumnya penggunaan bunga yang dipotong ini untuk keperluan dekorasi, dan di beberapa negara bunga potong diperlukan untuk ritual adat tertentu.

Bahkan kuntum bunga potong dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal yang diekstrak, minuman bunga yang dikeringkan dan diseduh. Berawal dari kebutuhan banyak peminatnya, maka potongan bunga pun menjadi bisnis yang menghasilkan hingga sekarang ini.

Sedang mencari jasa pembuatan taman medan, klik!

Para penjual bunga potong Batu Malang merupakan contoh bisnis bunga yang dipotong berkembang pesat. Tukang kebun memotong bunga memanen bunga yang dipotong mereka sendiri dari kebun yang dirawat sendiri, sangat jarang penjual bunga hias potong memetik bunga yang tumbuh liar seperti di pegunungan.

Tanaman hias bunga potong ditanam bervariasi sesuai iklim, budaya dan kearifan lokal di mana bunga tersebut tumbuh. Sehingga setiap daerah dan negara tentu memiliki bunga khas untuk dijadikan bunga potong. Bunga dipotong dan dipanen di alam liar memiliki syarat dan ketentuan sebagai etika peraturan yang berkembang di masyarakat, menghargai alam sekitar. Sebabnya jarang bunga yang dipotong alam liar diperjual-belikan.

Tanaman bunga yang dipotong akan memiliki batas kesegarannya, sehingga perlu dirawat khusus dan setelah dipotong diberikan perlakuan khusus agar bunga potong tahan lama untuk segala kebutuhan.

Budidaya bunga hias potong pun tergantung iklim di daerah tersebut, bahkan beberapa tukang kebun bunga merawat bunga mereka di rumah kaca atau pun green house tergantung iklim. Faktanya budidaya bunga potong menciptakan strategi baru bagaimana merawat bunga agar tumbuh secara lambat demi menjaga usia potensial keindahan bunga tersebut.

Baca juga: jenis tanaman hias lainnya

Sejarah Bunga Potong di Eropa

Produksi bunga hias potong memiliki sejarah panjang dan berbeda di tiap daerah. Namun sejarah bunga potong tidak terlepas dari literatur bunga mawar, anyelir dan krisantemum (seruni) yang pada berabad lalu populer dibudidayakan hampir di seluruh dunia.

Pada abad 1600 hingga 1700 tercatat sebuah literasi yang menjelaskan untuk pertama kalinya produksi bunga hias potong berkembang di Belanda. Pada musim dingin, tanaman bunga musim semi mulai bermekaran di Belanda saat itu. Bahkan khususnya bunga lilac, dibudidayakan pada musim gugur serta dipaksa tumbuh memasuki musim dingin menggunakan rumah kaca. Panen dari bunga yang dibudidayakan ini dijual per batang bunga.

Produksi bunga hias potong di Amerika Serikat secara cepat menyebar, semacam tren ramai pemukiman Eropa memiliki bunga potong di vas untuk dekorasi rumah. Tercatat di pertengahan abad 1700, sebuah literasi menjelaskan produsen kecil pertama bunga hias potong saat itu mendistribusikan ke hampir seluruh masyarakat.

Maka bisa disimpulkan, sejarah budidaya bunga hias potong berawal sejak 1600 dan menyebar ke seluruh negara di atas abad 1700, yang mana pada saat itu perdagangan dibawa melalui kapal-kapal penjelajah.

Perkembangan transportasi pada abad ini, memungkinkan perpindahan bunga hias potong secara cepat dan bahkan mereka yang menanam bunga sebagai perniagaan mulai berpikir lokalisasi penanaman bunga. Sehingga produsen bunga hias potong di lain negara saling bertukar informasi bunga jenis apa yang optimal tumbuh di daerahnya.

Bunga Potong Easter Lily

Salah satu jenis bunga potong yang tahan lama. Ditandai dengan memindahkan produksi bunga anyelir dan bunga mawar, semula dari pegunungan Colorado pindah ke pesisir California. Tanaman bunga seruni dan bunga gladiol diproduksi di Florida dan California. Perpindahan ini menjelaskan kembali budidaya tidak lagi berdasarkan keuntungan saja, melainkan sudah merawat bunga demi kualitas bunga yang dipotong yang segar.

Mendekati abad 2000, di beberapa daerah Amerika Serikat memiliki khas bunga masing-masing sesuai iklim yang ada di daerah tersebut. Bahkan di 1989 asosiasi budidaya khusus bunga potong Amerika Serikat dibentuk, tentunya dengan tujuan perdagangan potong bunga semakin berkembang pesat. Walaupun tren memotong bunga berawal dari bunga mawar, anyelir dan seruni, di awal tahun 2000 malahan bunga lili menjadi bunga populer saat itu didukung dengan keragaman varietas bunga lili.

Bagaimana menurut kamu, apakah bunga potong masih diminati sekarang ini, berhubung banyak sekali masyarakat di Indonesia yang minat dengan tanaman hias hingga membuat taman di rumah. Taman di rumah menjadi alternatif hijau dan relaksasi yang menenangkan ketika di rumah.

Ingin memiliki taman sendiri di Medan, tips membuat taman di rumah.